Nu Jauh Cuang Deukeutkeun, Geus Deukeut Cuang Raketkeun Supaya Ngawujud Kiarapayung Nu Madani

Selasa, 27 Maret 2012

Isu Strategis


Isu Strategis
             Isu Strategis merupakan permasalahan yang berkaitan dengan fenomena atau belum dapat diselesaikan pada periode lima tahun sebelumnya dan memiliki dampak jangka panjang bagi keberlanjutan pelaksanaan pembangunan,sehingga perlu diatasi secara bertahap. Isu Strategis Pembangunan Desa :
a.      Kualias pelayanan umum pemerintah masih dirasakan belum memuaskan bagi sebagian masyarakat desa Kiarapayung, seperti pendidikan, kesehatan, kependudukan, sarana perasarana umum, yang bermutu pada kurangnya alokasi dana yang ada dan kualitas aparatur pemerintah.
b.     Kompetensi dan daya saing penduduk usia peroduktif/ angkatan kerja di desa Kiarapayung masih dirasakan kurang memenuhi harapan dunia usaha, sehingga peluang kerja dan peluang usaha yang ada kurang termanfaatkan secara optimal. Hal ini sangat berkaitan dengan kesempatan mendapatkan pendidikan yang berkualitas.
c.      Pertumbuhan ekonomi yang relative  lambat mengakibatkan sector riil kurang mampu berkembang dan memberikan pendapatan secara merata kepada segenap masyarakat. Hal ini masih terdapat masyarakat desa Kiarapayung berada dibawah garis kemiskinan.
d.      Kondisi lingkungan hidup cenderung semakin memperihatinkan sebagai akibat ekspolitasi, terutama terjadinya pembalakan hutan yang berimplikasi terhadap kerusakan lingkungan secara umum.
e.      Masih rusaknya berbagai sarana jalan sebagai sarana utama mobolisasi perekonomian, jaringan irigasi, sarana pendidikan,  sampai pada kurang berjalannya bentuk - bentuk perekonomian desa, dan juga fasilitas olah raga, serta pelayanan kesehatan masyarakat, yang berujung pada kesejahteraan masyarakat.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar